Kamis, 12 Januari 2012

Yuk, Menghitung Pemakaian Bahan Bakar Mobil

Liektoyota.com – Surabaya. Mobil biasanya mempunyai Odometer (alat pencatat jarak yang telah ditempuh) serta ada yang dikombinasikan dengan Tripmeter (alat pencatat jarak tempuh dari tempat ke tempat lain). Meter Kombinasi All New Avanza sudah dilengkapi dengan LCD untuk odometer dan tripmeter.
Meter Kombinasi + LCD Toyota All New Avanza | Harga Toyota Surabaya

Adanya odometer dan tripmeter, anda dapat melakukan perhitungan untuk pemakaian bahan bakar mobil dengan cara mudah yaitu :
1. Pencatatan
  • Mobil diisi bahan bakar sampai penuh (full tank).
  • Sebelum menjalankan mobil, jangan lupa lakukan pencatatan pada odometer setelah terisi penuh, begitu juga bila ada tripmeter yaitu dengan menekan tombolnya (menunjukkan angka nol).
  • Lakukan pengisian penuh kembali setelah kondisi tangki hampir tinggal sedikit (jarum menunjuk di posisi E). Lakukan pencatatan kembali pada odometer dan tripmeter.
2. Perhitungan
  • Angka odometer pengisian penuh yang terakhir dikurangi angka odometer pengisian penuh awal, hasil pengurangan tersebut dibagi dengan jumlah pengisian penuh yang terakhir.
Dengan demikian anda dapat mengetahui rata-rata pemakaian bahan bakar kendaraan anda dalam satu liter dapat menempuh berapa kilometer…selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar