Kamis, 12 Januari 2012

Perlakuan Pintar Electric Power Steering (EPS) Agar Awet

Liektoyota.com – Surabaya. Kendaraan produksi terbaru pasti sudah dilengkapi dengan Electric Power Steering (EPS). Sistem EPS, proses gerakan kemudi dibantu langsung oleh motor listrik. Mobil Toyota yang telah menggunakan EPS yaitu All New Avanza, Yaris, dan Vios.
Electric Power Steering (EPS) | Toyota Surabaya | Harga Toyota
Komponen EPS dibuat untuk masa pakai yang cukup lama sehingga boleh dikatakan sebagai perangkat yang tanpa perlu perawatan. Biasanya pemilik kendaraan hanya melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin pada komponen luar yang berhubungan dengan rangkaian listrik.
electric power steering (eps)
Beberapa perlakuan untuk pemilik kendaraan yang bersistem EPS adalah :
  • Karena EPS, komponennya berhubungan dengan rangkaian listrik, maka hindari komponen-komponen tersebut dari kemasukan air atau terkelupas. Periksa kondisi kabel penghubung tersebut bila perlu beri tambahan isolasi kabel.
  • Periksa kondisi sekring (fuse) EPS yang terletak pada kotak sekring di kabin mesin. Bila diperlukan lakukan pembersihan dengan cairan pembersih (contact cleaner), dan ganti baru jika kondisi sekring sudah kendur.
  • Periksa komponen-komponen penunjang lainnya seperti karet boot steer, bila mengalami sobek harus segera dilakukan penggantian. Begitu pula segera ganti baru bila kondisi joint steer dan tie rod mulai goyah.
  • Perlu hati-hati pada saat mencuci mobil di jasa cuci mobil, khususnya pada bagian kolong kaki-kaki mobil roda depan yang sensitif terhadap air, hati-hati pula pada saat melintasi jalan yang banjir.
  • Gunakan komposisi kaki-kaki dan roda sesuai standard pabriknya, dan lakukan teknik mengemudi yang bijaksana (smart driving).
Beberapa perlakuan di atas berguna sekali agar dapat memperpanjang usia pakai EPS dan dapat bekerja lebih optimal. Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan pasti, alangkah baiknya mobil Toyota kesayangan anda dibawa ke bengkel resmi Liek Toyota yang merupakan dealer dan bengkel resmi Toyota Surabaya dan sekitarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar